Es Legendaris Penghilang Dahaga, Es Santan 68

Kulinermlg.com – Malang dikenal sebagai kota yang berhawa sejuk. Namun tak seperti dahulu, saat ini tak dapat dipungkiri ketika siang hari kota Malang memiliki cuaca yang panas. Mungkin salah satu yang terlintas dipikiran kita ketika cuaca sedang panas adalah melegakan dahaga dengan minuman atau kudapan yang dingin, seperti es misalnya.

Akhir-akhir banyak sekali muncul minuman es modern seperti es kepal milo, es krim gelato, es serut, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa menu es tradisional yang legendaris yang tetap eksis dan tidak kalah enak dan menyejukkan. Seperti Es Santan 68 misalnya, es yang lebih dikenal dengan nama Es Santan Sempu ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Es tradisional yang bertempat di Jalan Sempu kota Malang, lebih tepatnya di pojokan belakang SMPN 9 Malang ini sudah berdiri sejak tahun 1968.

Es Santan 68 tidak ramai dan terkenal secara instan, pernah mengalami masa sulit. Mulai tahun 1968 sampai dengan tahun 1976, Es Santan 68 tidak mempunyai tempat tetap. Setiap hari sang pemiliki berpindah-pindah dan beberapa kali berhenti di pos ronda dan sejenisnya. Lalu pada akhir tahun 1976 menetap di pojok Jalan Sempu hingga sekarang. Pada tahun 1968 harga es ini pun sangat murah, hanya dibanderol Rp 2.500,- saja. Seiring dengan berjalanannya waktu dan kenaikan harga bahan, sekarang es ini dibanderol seharga Rp 4.000,-.

Hal yang menggiurkan dari es ini bukan hanya dari santan segar yang dicampur dengan tape ketan dan sirup saja, namun penyajiannya yang unik dengan ditambah topping diatasnya membuat es ini lebih menggugah selera. Topping berupa roti tawar yang dioles dengan sirup merah lalu ditaruh diatas es membuat tampilan es ini lebih menggiurkan. Jika biasanya es campur memberikan roti yang sudah dipotong dadu langsung didalam esnya, kini kamu bisa menikmatinya dengan cara lain sesuai seleramu. Kamu bisa mencelupkan roti tawar pada kuah es sedikit demi sedikit, ataupun langsung mensuwir rotinya dan dimakan bersama dengan kuah santan es tersebut.

Kamu bisa menikmati es ini setiap hari mulai pukul 09.00 pagi sampai habis. Biasanya es ini sudah ludes di siang hari. Tempatnya yang kecil, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati es ini dengan santai. Disini disediakan beberapa meja dan bangku panjang di seberang gerobak, lebih tepatnya dipinggir sungai dibawah pepohonan rindang. Yuk coba!

 

 

 

 

Alamat : Jalan Sempu, belakang SMPN 9 Malang

Open Hours : 09.00 sampai habis

Menu : Es Santan

Price : 4k

 

 

Review

  • Menu 3,6
  • Service 3,5
  • Experience 3,0

User Rating

0 (0 Votes)

Summary

3,7Score

sebuah kedai es tradisional yang terletak di pojok jalan sempu, lebih tepatnya dibelakang SMPN 9 Malang. es yang terdiri dari perpaduan santan yang gurih, tape ketan yang segar dan sirup yang manis menghasilkan rasa segar yang unik. Ditambah dengan topping roti tawar yang dibalur dengan sirup merah diatasnya menambah sensasi unik tersendiri. Es ini sudah berdiri sejak tahun 1968 sampai sekarang, jadi bisa dikatakan sebagai es legendaris di malang.

This author has not supplied a bio yet.

No Replies to "Es Legendaris Penghilang Dahaga, Es Santan 68"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.

    Share this