Lebih Dekat dengan Produksi Kripik Tempe Sanan

Kulinermlg.com – Sebagai kota yang memiliki ragam destinasi wisata yang dikunjungi oleh banyak pendatang, tentu Malang menyajikan berbagai pilihan produk khas Malang sebagai buah tangan. Salah satunya adalah Kripik Tempe. Malang memang identik dengan olahan tempe yang menjadi produk andalan kota bunga ini selain produksi apel. Kripik tempe Malang dan berbagai jenis kripik lainnya dapat kamu temukan di toko-toko pusat oleh-oleh. Selain itu, kamu juga bisa membelinya langsung di toko produksi dengan harga lebih murah. Kamu bisa berkunjung ke Sentra Industri Tempe & Kripik Tempe Sanan atau dikenal dengan Kampung Sanan yang berlokasi di  Jalan Sanan, Purwantoro, Malang. Tak hanya kripik tempe, ada juga produksi lain seperti brownies tempe, stik tempe, cokelat tempe, dsb.

Putra Ridhlo, salah satu toko yang memproduksi kripik tempe di kawasan Kampung Kripik Tempe Sanan, Malang (foto:Deby)

Salah satu toko yang memproduksi kripik tempe di kawasan Kampung Kripik Tempe ini adalah toko Putra Ridhlo. Dari luar kamu bisa melihat beberapa orang pekerja yang nampak memotong blok-blok tempe memakai pisau panjang. Terdapat etalase yang memajang kemasan-kemasan kripik untuk dijual. Sambil berbelanja kripik, kamu juga bisa melihat proses produksi.

Fresh from the oven. Usai pemotongan, tahap selanjutnya adalah penggorengan dan pengemasan (foto: Deby)

Pekerja mulai beraktivitas dari pukul 5 pagi. Mulai dari pemilihan tempe yang diperoleh dari supplier, kemudian pemotongan tempe yang di potong tipis-tipis. Hal ini harus dilakukan dengan sabar dan telaten. Kemudian setelah dipotong, tempe di masukan ke adonan untuk kemudian digoreng di dapur penggorengan. Lalu setelah tiris, tempe dikemas di bagian pengemasan. Bagian pemotongan terletak di depan sehingga pembeli dapat melihat proses pemotongan yang perlu ketelatenan. Sedangkan dapur penggorengan dan pengemasan terletak dibelakang.

Satu bungkus kripik tempe seharga 2,5k untuk rasa original dan 3,5k untuk varian rasa lain. Ada sekitar 20 varian rasa namun yang paling favorit dan banyak diproduksi adalah balado, bbq, pedas manis, dsb. Satu hari produksi bisa mencapai 2000-2500 bungkus. Namun jika musim liburan produksi toko tersebut bisa mencapai 3000 bungkus sehari. Produk di kirim ke bebagai pusat oleh-oleh di Pandaan, Lawang dan Batu. Bahkan diluar kota seperti Surabaya dan Kalimantan.

 

 

Alamat

Jalan Sanan Gg. 12, Purwantoro, Malang

Open-close

08.00-21.00 WIB (setiap hari)

Menu/harga

  • Kripik Tempe Original/2,5k
  • Kripik Tempe Rasa/3,5 k

Review

  • MENU 5.0
  • SERVICE 5.0
  • EXPERIENCE 4.6

User Rating

0 (0 Votes)

Summary

4,6Score

Rasa original maupun varian rasa lain gurih dan renyah. Penyajian bentuk packaging rapi dan bersih. Harga lebih murah dibanding jika beli di toko oleh-oleh. Harga sesuai dengan isi, rasa dan packaging. Ada banyak sekali varian rasa sekitar 20 rasa. Baik owner maupun pegawai melayani dengan ramah dan cepat. Tempat bersih dan asyiknya bagian pemotongan terletak di depan sehingga pembeli dapat melihat proses pemotongan yang perlu ketelatenan. Akses ke tempat ini mudah.

author-avatar

Content Writer | Books, travel, and creative project enthusiast.

No Replies to "Lebih Dekat dengan Produksi Kripik Tempe Sanan"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.

    Share this