Menikmati Pempek Farhan, Kuliner Palembang di Malang

Kulinermg.com – Ketika mendengar Kota Palembang, apa yang pertama kali ada di pikiran kalian? Apakah Asian Games? Selagi topik Asian Games masih hangat, tak ada salahnya mengenal salah satu kearifan lokal Palembang, salah satu lokasi perhelatan kompetisi olahraga internasional. Palembang identik dengan kuliner kapal selamnya, alias pempek. Makanan yang terbuat dari bahan dasar utama ikan ini memang sangat terkenal, bahkan tidak hanya di Palembang saja. Di Malang pempek juga mempunyai banyak penggemar sehingga tidak sedikit orang Malang yang mencoba membuka usaha pempek.

Photo by: Husein

Dari sekian banyak penjual pempek di Malang, salah satunya yang menjadi favorit adalah Pempek Farhan. Gerai pempek yang telah berdiri sejak kurang lebih 10 tahun yang lalu ini, kini sudah mempunyai tiga cabang di Kota Malang. Cabang utamanya terletak di Jl. Bunga Cengkeh No. 9, sedangkan cabang lainnya ada di Jl. Raya Tlogomas No. 2 dan Sawojajar, lebih tepatnya di Jl. Danau Toba Blok G1 No 18.

Walaupun gerai ini memiliki interior sederhana, namun Pempek Farhan sudah mempunyai nama yang dikenal oleh masyarakat Malang. Menjadi gerai pempek yang paling laris, Pempek Farhan juga merambah kerjasama dengan aplikasi delivery makanan seperti Go-Jek dan Grab Food.

Photo by: Husein

Kalau kamu masih asing dengan pempek, makanan ini terbuat dari ikan yang diolah bersama tepung dan bumbu-bumbu. Lalu dibentuk sedemikian rupa dan di rebus sehingga bentuknya tidak akan berubah. Setelah itu pempek digoreng dan disajikan dengan kuah cuka dan kecap asin serta acar. Nah, cara makan pempek terkadang memiliki perbedaan setiap orang. Ada yang memakan pempek dengan cara mencelupkannya ke kuah, namun ada juga yang menuangkan kuahnya langsung. Semua tergantung selera masing-masing ya.

Berbicara mengenai pempek, apa kalian tahu apa saja jenis pempek? Terkenal dengan ‘kapal selam’-nya, sebenarnya ada banyak sekali jenis pempek asli Palembang, namun kemungkinan jenis yang kita ketahui secara familiar hanya beberapa saja. Jenis pempek sendiri ada tujuh, yaitu kapal selam, lenjer, adaan, pistel, kulit, keriting, dan panggang.

Photo by: Husein

Di Pempek Farhan, setiap jenis pempek tersebut dipatok harga yang berbeda. Kamu bisa menikmati ‘kapal selam’seharga 9000 saja, dan untuk yang lainnya dipatok harga 2000/pcs. Kamu bisa mencampur beberapa jenis pempek sekaligus ke dalam porsi makanmu. Gerai yang buka setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 21.00 ini juga menyediakan LCD TV, jadi jika sedang ada pertandingan sepak bola atau apapun, kamu juga bisa nobar disini.

 

 

 

Alamat        :

Jl. Bunga Cengkeh No. 9

Jl. Raya Tlogomas No. 2 dan Sawojajar

Jl. Danau Toba Blok G1 No 18.

Open/Close : 11.00-21.00 WIB

Menu/harga:

Kapal Selam/9k

Lenjer / 2k

Adaan  / 2k

Pistel / 2k

Kulit / 2k

Keriting / 2k

Review

  • Menu 3,8
  • Service 3,5
  • Experience 3,7

User Rating

0 (0 Votes)

Summary

3,7Score

Sebuah gerai pempek yang terkenal di Malang dan sudah mempunyai 3 cabang resmi, makanan khas Palembang yang merakyat di malang. harganya yang cukup terjangkau menjadi salah satu alasan pempek Farhan banyak di cari, terutama mahasiswa

This author has not supplied a bio yet.

No Replies to "Menikmati Pempek Farhan, Kuliner Palembang di Malang"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.

    Share this