Puthu Lanang, Jajanan Legendaris di Kota Malang

Kulinermlg.com – Setiap daerah punya jajanan tradisional khas masing-masing. Kini, keberadaan jajanan tradisional bersaing dengan hadirnya tren kuliner masa kini. Namun, lantas membuat kuliner tradisional semakin dicari terutama penikmat kuliner legendaris. Diantara beragam jajanan tradisional yang lahir di daerah Jawa Timur, kue puthu adalah salah satu jajan yang kini semakin jarang ditemukan. Apabila dahulu kita sering menemukan penjual puthu keliling dengan suara denging yang khas, kini hampir tak pernah apalagi di antara hiruk pikuk kota.

Proses pembuatan dan alat serba tradisional membuat Puthu (foto: Baskoro)

Puthu adalah olahan tepung beras yang dicampur dengan gula merah dibagian isinya. Tak lupa taburan kelapa parut diatasnya. Adonan tepung beras dimasukkan kedalam bambu-bambu berukuran kecil berlobang yang kemudian akan mengeluarkan suara denging yang sangat khas. Belum lagi aromanya dan kepulan asap kecil membuat tak sabar untuk melahap. Setelah itu, susunan puthu berwarna putih atau hijau yang telah jadi dibungkus dengan pelepah daun pisang yang ditusukkan lidi. Proses pembuatan dan alat tradisional yang digunakan menjadikan puthu Lanang terasa unik dan membuat pembeli nostalgia.

(foto : Baskoro)

Di Malang, kue puthu adalah salah satu jajanan tradisional yang saat ini masih dapat diburu untuk menemani waktu santai. Meskipun tidak dengan penjual keliling, kamu dapat menemukannya di sebuah tempat yang sangat legendaris, Puthu Lanang. Sejak 1935, Puthu Lanang setia menawarkan citarasa jajanan tradisional satu ini. Lokasinya berada di ujung gang buntu daerah Celaket, Jalan Agung Suprapto RT 03. Kamu dapat kemari antara pukul 17.30 – 22.00 WIB. Tak hanya puthu, kamu dapat menikmati jajanan lainnya seperti lupis, cenil dan klepon hanya 10k saja perbungkus.

 

Jika kemari, aroma khas puthu akan menyeruak di ujung gang. Suara denging bambu bersahutan dengan deru kendaraan di jalan raya. Empat orang penjual nampak cekatan mengolah dan menyajikan pesanan para pengunjung. Berada di ujung depan gang lantas tak membuatnya sepi pengunjung. Justru jika kemari, siap-siap mengantri. Yang ditawarkan adalah kualitas bahan dan rasa yang tetap terjaga keasliannya. Selain legendaris, jajanan tradisional dengan proses pembuatan dan penyajian bergaya tradisional membuat Puthu Lanang banyak diminati. Keautentikan dari produk kearifan lokal yang benar-benar dijaga.

 

 

Alamat             : Jalan Agung Suprapto RT 03, Gang Buntu

Open-Close    : 17.30 – 22.00

Pesan               : 0341-4345100

Menu/harga : Satu porsi berisi 9 biji

Puthu/10k

Lupis/10k

Cenil/10k

Klepon/10k

Campur

Review

  • MENU 3,8
  • SERVICE 3,5
  • EXPERIENCE 3,3

User Rating

4.7 (3 Votes)

Summary

3,5Score

Unik dengan penyajian dan pengolahan tradisional. Masih sangat menjaga keaslian jajan tradisional ini. Meskipun rasanya biasa, tapi ada experience yang unik dan menyenangkan.

author-avatar

Content Writer | Books, travel, and creative social project enthusiast.

1 Reply to "Puthu Lanang, Jajanan Legendaris di Kota Malang"

  • comment-avatar
    Lucky 9 Maret 2018 (14:27)

    I like putu, karena putu favoritku
    Makanan gak terlalu berat dan ringan
    Pas buat camilan nokrong juga

Leave a reply

Your email address will not be published.

Share this