Sego Lombok Mbah Buyut, Ikan Asap Pedas di Malang

Kulinermlg.com – Berbicara tentang kuliner pedas di Malang memang tak ada habisnya. Baru berdiri pada tahun 2018, Sego Lombok Mbah Buyut turut serta dalam jajaran kuliner pedas Malang yang patut dicoba. Sego Lombok yang berarti nasi cabai, pecinta kuliner dapat menikmati perpaduan nasi dengan guyuran masakan kuah pedas. Riska selaku pendiri mengaku  tak mengandalkan imbuhan sambal untuk cita rasa pedasnya.

Ikan tuna asap dengan guyuran kuah pedas selalu best seller. (Foto:Husein)

Mengusung nama ‘Mbah Buyut’, usaha kuliner yang kini ditekuni Riska berawal dari resep turun temurun keluarganya. “Namanya Mbah buyut karena ini resep keluarga, dari mbah buyut. Beliau dulu juga berjualan makanan seperti ini di Trenggalek”, ungkapnya. Menginjak usia 24 tahun, tak membuat Riska ragu untuk mempertahankan resep keluarganya di perantauan. Walau terbilang masih muda, kepiawaiannya dalam memasak kini cukup mendapat antusias dari pecinta kuliner di Malang.

Berada di Jalan Bunga Kumis Kucing, tempat ini cukup disarankan bagi pecinta kuliner pedas. Karena semua masakan khas Riska memiliki tingkat kepedasan yang sama rata. Biasanya dalam satu wajan sedang, dirinya menghabiskan kurang lebih satu kilogram cabai dalam sekali memasak. Tak heran, penjualannya sekitar 300 porsi per hari ini menghabiskan kurang lebih 15 kilogram cabai.

Sego sambel cumi hitam yang juga jadi buruan pelanggan. (Foto:Husein)

Menariknya, menu masakan pedas yang khas dengan ikan laut asap ini terbilang jarang dijumpai di Malang. “Kalo menunya mungkin di Malang juga jarang ya. Kaya ikan-ikan asap gitu, ada ikan tongkol, ikan tuna fillet-an. Sama ikan semar, yang disini jarang ada orang tau. Semua didatangkan ya dari Trenggalek sana”, imbuhnya. Selain menu  masakan ikan asap yang menjadi primadona, ragam masakan pedas lainnya juga tak kalah menarik. Ialah cumi-cumi, udang, ikan lele, krengsengan sapi, serta olahan ayam seperti balungan, ceker, sayap dan kepala.

 

 

Sego Lombok nikmat disantap dengan tambahan sayurnya. (Foto:Husein)

Menikmati satu piring sego lombok, tak ketinggalan pula dengan tambahan sayurnya.  Selada air rebus serta mentimun menjadi pelengkap saat menyantap Sego Lombok Mbah Buyut ini. Para pecinta kuliner pedas Malang bisa menikmati cita rasa pedasnya yang dibanderol mulai dari Rp 7000,- hingga Rp 18000,-.

Warung sego lombok tampak depan (foto Husein)

Buka setiap hari kecuali Jum’at, para pecinta kuliner Malang bisa datang pada pukul 11:00 WIB hingga 19:00 WIB. Walaupun begitu, saat sore hari terkadang menu-menunya sudah ludes terjual. Pelanggan juga bisa memesan menu di tempat ini melalui ojek online dengan keyword ‘Sego Lombok Mbah Buyut’. Sebagai variasi masakan, kedepannya Sego Lombok Mbah Buyut akan membuat resep baru yaitu menthok pedas.(jty)

Sego Lombok Mbah Buyut

  • Menu 4,0
  • Service 4,0
  • Experience 2,6

User Rating

0 (0 Votes)

Summary

3,5Score

Sego Lombok Mbah Buyut menjadi rekomendasi kuliner pedas di Malang. Tempat ini baru berdiri pada tahun 2018, namun cukup mendapat antusias khusunya pecinta kuliner pedas. Tempat ini disarankan bagi yang suka pedas saja. Karena cita rasa pedasnya sudah menyatu dengan bumbu masakan, tanpa adanya tambahan sambal. Dengan cita rasa yang ditawarkan,harganya terbilang cukup terjangkau.

No Replies to "Sego Lombok Mbah Buyut, Ikan Asap Pedas di Malang"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.

    Share this