Tahu Campur Cak Sarip, Kuliner Legendaris di Malang

Kulinermlg.com – Ingin mencoba cita rasa dari tahu campur, pecinta kuliner Malang bisa datang ke Tahu Campur Sido Mampir Cak Sarip. Menjadi kuliner yang rekomendasi bukanlah tanpa alasan, karena tempat ini sudah melegenda sejak 1987. Selain itu cita rasa dari tahu campur khas lamongan ini selalu dipertahankan. Tak heran, warung yang berada di Jalan MT Haryono Gang 19 ini selalu dipenuhi pelanggan.

Didirikan oleh warga asli Malang bernama Saripudin, resep tahu campur ini tak kalah dengan tahu campur khas Lamongan lainnya. Terdapat cerita unik di balik berdirinya usaha tersebut. “Dulu saya kerjanya sopir. Terus ketemu orang Lamongan, dia yatim dan katanya butuh pekerjaan. Kebetulan dia pernah ikut masak di tempat tahu campur di Gresik. Akhirnya kita coba buat bikin”, cerita pria yang akrab dipanggil Sarip ini. Butuh satu setengah tahun lamanya Sarip mencoba meracik resepnya bersama orang yang ia tolong tersebut. Adanya suatu hal, akhirnya Sarip sendirilah yang tetap bertahan untuk mengembangkan usaha tahu campur tersebut. 

Proses demi proses telah dilalui oleh Sarip dalam mengembangkan usaha ini. Mulanya, tahu campur khas miliknya hanya berjualan di tenda pinggir jalan raya pada 1987.  Setelah berjalan hingga 1989, Sarip kemudian berpindah ke gang tempatnya sekarang.  “Ini tempat pindah kedua, pas Malang dapat Adipura yang pertama itu tahun 1989. Sama paguyuban PKL lainnya, biar tertib akhirnya berpindah kesini”, ungkapnya. Lebih dari 20 tahun lamanya, Sarip selalu gigih berjualan walau hanya di balik tenda. Hingga akhirnya tahun 2012, dirinya sudah mampu membuka warung seperti saat ini.

Seperti tahu campur pada umumnya, terdapat isian lontong,  kentang, suun, sayur, tauge, olahan singkong dan tahu tentunya. Isian tersebut kemudian diguyur dengan sop daging sapi, kikil dan otot yang memiliki cita rasa khas. Kuahnya yang gurih dan manis, pelanggan juga bisa menambahkan petis dan sambal untuk menikmati seporsi tahu campur ini. Dibantu oleh anak-anaknya, sekitar 300 hingga 400 porsi tahu campur ludes tiap harinya.

Penasaran untuk mencoba, pecinta kuliner Malang bisa datang mulai pukul 15:00 WIB – 23:00 WIB. Walaupun begitu, tak jarang tahu campur Sarip ini bisa habis lebih awal. Cukup menyediakan Rp 15.000,- hingga Rp 22.000,-, pelanggan bisa mencoba salah satu kuliner legendaris Malang ini. Untuk memudahkan pelanggan, kuliner ini bisa dipesan melalui ojek online dengan keyword ‘Tahu Campur Cak Sarip’.(jty)

 

Penulis : Jatiayu

Fotografer : Husein

 

Tahu Campur Cak Sarip

User Rating

0 (0 Votes)

Summary

3,4Score

Tahu Campur Cak Sarip memang sudah melegenda sejak 1987. Tentu saja kuliner ini memiliki pelanggan setianya tersendiri. Terlihat warung ini ramai pengunjung, dari muda hingga tua. Cita rasa tahu campur ini selalu konsisten mengingat pak Sarip selalu menggunakan timbangan saat memasak. Bagi pecinta kuliner tahu campur, tempat ini bisa menjadi rekomendasi.

No Replies to "Tahu Campur Cak Sarip, Kuliner Legendaris di Malang"

    Leave a reply

    Your email address will not be published.

    Share this